Headlines News :
Home » , , , , , , » Rasa Sakit Ketika Buang Air Kecil Pada Wanita, Bagaimana Pemeriksaan, Pengobatan Serta Tindakannya

Rasa Sakit Ketika Buang Air Kecil Pada Wanita, Bagaimana Pemeriksaan, Pengobatan Serta Tindakannya

Pengobatan Majelis Dzikir aura insani Hidayatullah - Kenapa Terkadang terasa sakit saat buat air kecil? Rasa nyeri hebat terasa terbakar saat baung air kecil sering merupakan suatu tanda dari adanya infeksi pada saluran perkemihan atau traktus urinarius yang terkadang disebut dengan bladder infection atau infeksi pada kandung kemih.
Akan tetapi, nyeri saat buang air kecil dapat terjadi meskipun tanpa adanya infeksi pada saluran perkemihan. Beberapa obat tertentu, seperti beberapa obat yang digunakan pada kemotherapi kanker, mungkin berdampak pada inflamasi, peradangan atau perlukaan pada kandung kemih. Terkadang tekanan pada kandung kemih seperti karena adanya kista ovarium atau batu ginjal yang letaknya dekat dengan pintu masuk kandung kemih juga bisa berakibat pada nyeri pada saat buang air kecil.

Nyeri pada saat buang air kecil dapat juga disebabkan karena infeksi atau iritasi pada vagina. Atau karena sensitif terhadap bahan-bahan kimia dalam suatu produk seperti produk yang disemprotkan pada vagina (pembersih vaigna), vaginal lubricants, sabun, spons atau bahan kimia berbusa untuk kontrasepsi, tissue kloset berbahan kimia. Jika itu berdampak rasa sakit/nyeri pada saat buang air kecil setelah penggunaan produk-produk berbahan kimia tersebut, anda mungkin sensitif terhadap produk-produk tersebut.

Apa yang perlu anda beritahukan kepada dokter?
  • Anda sebaiknya meberitahukan kepada dokter tentang gejala-gejala yang anda alami dan berapa lama rasa sakit itu terjadi.
  • Anda juga sebaiknya menceritakan pada dokter jika anda sebelumnya pernah mempunyai riwayat infeksi pada saluran perkemihan dan bagaimana infeksi tersebut terobati termasuk pengobatan yang diberikan.
  • Beritahukan pada dokter tentang apapun yang berkaitan dengan catatan dan kondisi medis anda, seperti diabetes militus atau kencing manis atau AIDS, karena kondisi-kondisi tersebut dapat mempengaruhi respon tubuh terhadap infeksi.
  • Ceritakan pada dokter anda tentang apapun ketidaknormalan yang anda ketahui dari saluran perkemihan anda, atau jika anda sedang hamil.
  • Ceritakan pada dokter jika sebelumnya anda pernah mengalami prosedur operasi pada saluran perkemihan anda atau jika anda saat ini dan masih dalam upaya perawatan rumah sakit(kurang dari satu bulan yang lalu) atau masih dalam perawatan rumah.
Pemeriksaan apa saja yang diperlukan?

Dokter biasanya bisa memberitahukan kepada anda apa penyebab dari rasa nyeri yang anda alami dari apa yang anda deskripsikan mengenai gejala-gejala yang anda alami, serta dengan beberapa pemeriksaan fisik. Memeriksa hasil analisis urin dari laboratorium (urinalysis) dapat juga membantu dokter dalam mengidentifkasi apa jenis atau tipe infeksi yang terjadi jika penyebabnya karena infeksi.

Jika dokter anda berpikiran bahwa mungkin nyeri yang anda alami dikarenakan inflamasi dari vagina, dokter mungkin akan mengambil sampel dari mucus atau lendir vagina (swab) dan dilakukan pemeriksaan pada lendir tersebut dengan mikroskop untuk melihat adanya jamur atau microorganisme lain

Jika nyeri yang anda derita berasal dari infeksi pada urethra (saluran yang membawa urine / air seni dari kandung kemih), dokter akan melakukan swab untuk pemeriksaan jenis bakteri atau mikroorganisme yang ada. Jika ternyata tidak diketemukan adanya infeksi pada pemeriksaan - pemeriksaan yang dilakukan, dokter mungkin akan menyarankan anda untuk melakukan pemeriksaan lain.

Bagaimana pengobatan infkesi pada saluran kemih?

Jika anda adalah seorang pria atau wanita dewasa yang sehat (siapa saja yang tidak dalam kondisi hamil), pengobatan dengan antibiotik dalam beberapa hari biasanya dapat mengobati infeksi saluran kemih dengan baik. Hal yang penting adalah bahwa anda menceritakan kepada dokter tentang gejala-gejala seperti adanya nyeri punggung dan demam (khususnya jika demam melebihi 101 derajat fahrenheit, yang bisa diartikan bahwa infeksi yang terjadi mungkin sudah menyebar pada organ ginjal). Juga merupakan hal penting yaitu mengkonsumsi antibiotik secara tepat seperti apa yang disarankan dan dikatakan dokter, karena menghentikan konsumsi antibiotik dapat membuat pengobatan kurang efektif dan mungkin menjadikan infeksi ginjal berkembang menjadi lebih parah.

Apa yang dapat anda lakukan jika anda masih bisa terkena infeksi saluran kemih?

Beberapa wanita menderita infeksi saluran kemih berulang-ulang, dan mereka dapat tertolong dengan beberapa upaya pencegahan. Beberapa perubahan-perubahan kebiasaan atau pola dan gaya hidup yang dapat anda buat sendiri dapat membantu meringankan infeksi. Sebagai contoh, minum cukup banyak cairan khususnya air. Meminum jus cranberry bisa membantu mencegah infeksi pada saluran kemih. Akan tetapi, jika anda mengkonsumsi warfarin (coumadin) yaitu anti koagulan oral yang mempengaruhi sintesa vitamin K-yang berperan dalam pembekuan darah, konsultasikan dengan dokter sebelum minum jus cranberry untuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Dokter mungkin perlu mengatur dosis warfarin yang anda konsumsi atau anda perlu melakukan pemeriksaan darah dengan lebih sering. Apabila kecenderungan infeksi saluran perkemihan yang anda peroleh disebabkan karena setelah melakukan hubungan seksual (seksual intercourse), segera pergi ke kamar mandi setelah intercouse untuk membersihkannya. Hal ini dapat mengurangi resiko infeksi saluran perkemihan .

Seringkali infeksi slauran perkemihan disebabkan oleh akibat perubahan-perubahan bakteri didalam vagina. Pemberian antibacterial lokal pada vagina melalui penyemprotan (produk pembersih vagina), spermisida dan beberapa antibiotik lewat oral/mulut dapat menjadi penyebab perubahan-perubahan bakteri didalam vagina. jika memungkinkan hindari penggunaan dari produk-produk diatas.

Menopause juga dapat menjadi pemicu timbulnya perubahan-perubahan bakteri didalam vagina yang dapat meningkatkan resiko infeksi pada saluran kemih. Konsumsi estrogen biasanya dapat mengatasi beberapa masalah ini, tapi tidak untuk semua orang.

Apabila anda mengalami infeksi saluran kemih selama 3 kali atau lebih setiap tahunnya, dokter mungkin akan menyarankan kepada anda untuk mulai melakukan program antibiotik sebagai upaya pencegahan. Dosis antibiotik dalam ukuran kecil akan anda konsumsi setiap harinya yang akan membantu anda mengurangi jumlah kejadian infeksi saluran kemih. Jika penyebab dari infeksi saluran kemih dikarenakan setelah melakukan hubungan seksual (seksual intercourse), dokter mungkin akan menyaranakn kepada anda untuk minum antibiotik setelah melakukan seksual intercourse.
Share this post :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | aura insani | aura insani
Copyright © 2011. Pengobatan Majelis Dzikir aura insani Hidayatullah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Buka aura
Proudly powered by aura insani